February 22, 2024

Jenis – Jenis Keyboard Pada Komputer – Keyboard pada komputer merupakan perangkat keras yang berbentuk papan dengan fungsi yang berbeda-beda. Fungsi utama dari keyboard ini adalah mengirimkan perintah untuk setiap huruf, angka dan simbol yang kita ketikkan agar tersampaikan ke CPU.

Kemudian, perintah tersebut akan menjadi sinyal digital yang dimengerti oleh prosesor.Namun tahukah Anda bahwa ada berbagai jenis keyboard Pada komputer yang memiliki bentuk dan kegunaan yang berbeda. Lantas, apa saja jenis-jenis keyboard pada komputer yang telah dibuat selama ini? Dikutip dari Slot Deposit Pulsa

Jenis Keyboard Berdasarkan Bentuknya

Keyboard Serial

Dalam penggunaannya, keyboard serial menggunakan DIN 5 Male. Memiliki fungsi agar dapat digunakan oleh komputer tipe AT, dimana DIN 5 Male berisi 5 pin untuk menghubungkan keyboard ke komputer. Keyboard Serial juga memiliki port yang besar sehingga mengikuti kabel yang lebih tebal.

Keyboard PS/2

Sama seperti keyboard serial, bedanya keyboard PS/2 hanya bisa digunakan di komputer tipe ATX. Keyboard PS/2 menggunakan mini DIN plug yang berisi 6 pin sebagai konektor, dimana setiap pin konektor memiliki tugasnya masing-masing.

Keyboard Nirkabel

Selanjutnya ada keyboard nirkabel. Dalam penggunaannya, keyboard nirkabel ini memanfaatkan teknologi wireless seperti Wi-Fi, Bluetooth dan Infrared. Untuk terhubung ke komputer atau laptop, diperlukan unit penerima dan pemancar.

Keyboard USB

Terakhir, keyboard USB adalah yang paling banyak digunakan di laptop dan komputer. Keyboard USB ini memiliki keunggulan sangat mudah untuk dipasang menggunakan konektor USB yang juga mempercepat proses transfer data.

Jenis Keyboard Berdasarkan Tombol

Keyboard Maltron

Keyboard Maltron memiliki bentuk unik yaitu cekung ke dalam.selain itu Keyboard Maltron ini memiliki desain khusus agar jari berada pada posisi saat mengetik sehingga tidak membentuk garis lurus dan nyaman digunakan.

Chord Keyboard

Keyboard jenis Chord ini berisi empat hingga lima tombol, keyboard Chord ini memiliki fungsi yang unik karena ketika Anda ingin memasukkan huruf lain, Anda harus menekan tombol secara bersamaan.

Keyboard QWERTY

Keyboard jenis QWERTY ini pertama kali ditemukan pada tahun 1878. Nama keyboard QWERTY ini diambil berdasarkan 6 huruf berurutan pada baris kedua tombol alfanumerik.

Demikian ulasan tentang Jenis – Jenis Keyboard Pada Komputer, semoga bermanfaat.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

toto23 login situs ying77 slot gacor https://ladang.smkn1cianjur.sch.id/ https://slot88.smkn1cianjur.sch.id/ https://idn.smkn1cianjur.sch.id/ slot777