Home / Sejarah

Sejarah

SEJARAH STAIN BENGKALIS

Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis (STAIN Bengkalis) sebagaimana di kenal pada saat sekarang ini merupakan peralihan nama Sekolah Tinggi Agama Islam Bengkalis yang sebelumnya dari Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) yang berdiri pada tanggal 17 Juli 1988 yang di kelola oleh Yayasan Pendidikan Islam Al-Kautsar (YPIA) yang awalnya di bawah naungan Kopertais VI Sumbar, Riau dan Kerinci. Selama lebih kurang sembilan tahun di bina oleh IAIN Imam Bonjol Padang.

STIT Bengkalis yang sekarang disebut STAI Al-Kautsar Bengkalis didirikan berawal dari niat tulus Bapak Drs. Asy`ari Nur (ketika itu pegawai Departemen Agama), yang tidak terlalu berlebihan jika kita sebut beliau sebagai seorang yang berjiwa besar dan sangat memperhatikan masa depan Kabupaten Bengkalis khususnya bidang Pendidikan dan keguruan. Pemikiran pendirian STIT dilatarbelakangi dari keprihatinan beliau saat itu karena minimnya aparatur pemerintahan yang berkualifikasi sarjana Strata 1 diberbagai diberbagai instansi yang berada di Bengkalis.

Keseriusan pendirian STIT oleh Bpk. Drs.H.Asyari Nur, SH.MM kemudian ditindaklanjuti dengan pengajuan izin operasional PTAIS pada tahun 1989, ketika itu dipersiapkan beliau sebelum menunaikan Ibadah Haji. Dari keseriusan tersebut akhirnya berhujung manis setelah kurang lebih 40 hari setelah kepulangan beliau dari menunaikan Haji.

Selanjutnya pada bulan Oktober 1988 pembinaan STAI Bengkalis di alihkan kepada Kopertais Wilayah XII Riau-Kepri yang di bina oleh IAIN Susqa Pekanbaru (sekarang Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru). Pergantian nama dari STIT ke STAI terjadi pada tahun 1999 dengan maksud memberi peluang untuk membuka fakultas lainnya sesuai dengan kebutuhan yang diinginkan.

STAI Bengkalis pada awal berdirinya,hingga tahun 1999 berkedudukan di jalan Pembangunan I. Masih menumpang di gedung SMPLB Kabupaten Bengkalis dan sejak tahun 2000 hingga sekarang STAI Bengkalis menempati Gedung Baru yang berlokasi di Jalan Lembaga Bengkalis dengan luas tanah ± 1.6 hektare. Yang merupakan hibah dari Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Periodesasi kepemimpinan STAI Bengkalis hingga saat ini sudah berjalan 4 kali pergantian. Yang pertama Alm. Bapak H. Bengsabli, SH, kedua Drs.H. Asyari Nur, SH, MM (sekarang Ketua Yayasan),ketiga Alm. Bpk Rahman Jalil, Sag.MM, dan keempat saat ini Bpk Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag

Sampai saat ini (2013) Sekolah Tinggi Agama Islam Bengkalis (STAI) Bengkalis telah berumur 25 tahun. Hingga saat ini Lembaga Pendidikan Islam ini telah mampu menunjukkan perkembangan yang dapat di banggakan dengan aktivitasnya dan telah di rasakan manfaatnya oleh masyarakat perkotaan maupun pedesaan. Baik melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata, Praktik Pengajaran Lapangan, Pengisian wirid pengajian di mesjid-mesjid melalui safari Ramadhan, Perayaan hari-hari besar Islam dan juga menggelar kegiatan-kegiatan seni dan olah raga dan juga mengadakan seminar-seminar serta ikut di dalam berbagai kegiatan oleh Pemerintah Daerah maupun organisasi. Hal tersebut di lakukan oleh dalam upaya peningkatan sumber daya manusia dan juga mensosialisasikan STAI itu sendiri kepada masyarakat luas. Dan tidak kalah pentingya adalah sebagai wujud nyata Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, dan pengabdian kepada masyarakat.

Kemajuan lain yang sangat dirasakan adalah peningkatan jumlah(mahasiswa yang masuk ke Sekolah Tinggi Agama Islam Bengkalis (STAI) Bengkalis dari tahun ke tahun. Sampai pada tahun ajaran 2013/2014 Sekolah Tinggi Agama Islam Bengkalis (STAI) Bengkalis telah memiliki mahasiswa sebanyak ± 1.400 orang (data terakhir Agustus 2013). Adapun jumlah alumnus terhitung sejak wisuda angkatan ke-VI Tahun 2005 yang telah menyelesaikan Gelar Sarjana Strata 1 (S1) sebanyak 1875 orang dengan  rincian :

No

Angkatan

Tahun

Jumlah

1

VI

2005

135 Orang

2

VII

2006

61 Orang

3

VIII

2007

226 Orang

4

IX

2008

118 Orang

5

X

2009

220 Orang

6

XI

2010

199 Orang

7

XII

2011

301 Orang

8

XIII

2012

340 Orang

9

XIV

2013

275 Orang

Jadi dari angkatan pertama jumlah alumni STAI yang tergabung dalam 2 jurusan hingga saat ini ± 1.900 orang.

Dalam pencapaian keberhasilan tersebut,ucapan terima kasih atas segala perhatian dalam, sumbangan pikiran, bantuan moril maupun materiil terutama kepada Pemerintah Kabupaten Bengkalis, IAIN Imam Bonjol, Universitas Islam Negeri Suska Riau, Kopertais Wilayah XII Riau-Kepri, Para Dosen, Alim Ulama, Cerdik Pandai serta masyarakat Kabupaten Bengkalis secara keseluruhan.

Pertama berdiri di tahun 1998 STAI Bengkalis merupakan yayasan yang dikembangkan Dr Asyari Nur. Beliau secara sukarela menyerahkan jerih payahnya kepada pemerintah dan Negara demi anak bangsa di Negeri Junjungan Kabupaten Bengkalis bisa mengecap pendidikan berkualitas dan bergengsi yang dapat dipertanggungjawabkan. Dalam perjalanannya, banyak suka dan duka serta titisan air mata untuk mengembangkan lembaga pendidikan STAI Bengkalis tersebut yang berangkat dari keingingan untuk mengangkat anak negeri yang terlalu jauh ke pusat provinsi dalam mengecap pendidikan. Titis air mata, kesedihan, dan canda tawa itu akhirnya terobati saat Menteri Agama, Lukman Hakim Saefuddin, akhirnya membubuhkan tanda tangan pada Jumat, 19 September 2014, yang menandai perubahan status STAI menjadi negeri. Selanjutnya, dengan seiring perjalanan waktu, maka saat ini STAIN Bengkalis sudah dimasukan dalam sistem penerimaan mahasiswa nasional. Dan ternyata mahasiswa yang berminat untuk masuk ke STAIN Bengkalis sangat besar yang terlihat dari animo calon mahasiswa dari berbagai daerah.