Recent Posts

Tutup Perkemahan Akbar, Mabigus STAIN Bengkalis Berikan Apresiasi

www.staibengkalis.ac.id (humas), Bengkalis – Mabigus Gerakan Pramuka Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis, Wira Sugiarto, S.IP, M.Pd.I secara resmi menutup Perkemahan Akbar ke-3 yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Gugus Depan 01.023 – 01.024 STAIN Bengkalis, Minggu (17/02/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 14 Februari sampai dengan 17 Februari 2019 ini mengambil tema “Bersama Pramuka Indonesia Wujudkan STAIN Bengkalis Menuju IAIN Bengkalis”. Pada pelaksanaannya, sesuai hasil data di lapangan yang dilaporkan oleh ketua sangga kerja bahwa peserta kegiatan adalah pramuka penegak utusan dari pangkalan SMA, MA dan SMK. Terdapat 6 pangkalan sekolah yang turut berpartisipasi yakni SMAN 1 Bukit Batu, MA YPPI Bengkalis, SMKN 1 Bengkalis, SMAN 3 Bantan, MA Ar-Rosyidiyyah Bengkalis, dan MA Darul Ulum Bantan. Total peserta mencapai 115 orang.

Dalam sambutannya, Mabigus gerakan pramuka STAIN Bengkalis, menyatakan apresiasinya atas kegiatan perkemahan akbar yang digelar selama empat hari ini. Beliau juga mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang meraih juara, dan memberikan motivasi kepada yang belum mendapatkan hasil maksimal agar jangan berkecil hati.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan positif ini. Kepada peserta perkemahan akbar yang berhasil mendapatkan juara, saya ucapkan selamat. Dan kepada yang belum mendapatkan hasil maksimal, harap jangan berkecil hati”. Ujar Wira Sugiarto.

Dalam acara penutupan tersebut, diisi juga pembagian hadiah kepada peserta terbaik yang telah mengikuti 8 cabang lomba yang diadakan oleh sangga kerja. Dalam laporan ketua sangga kerja, berikut nama-nama sekolah yang menjadi pemenang lomba dalam rangka perkemahan akbar ke-3 STAIN Bengkalis :

Lomba PBB: juara 1 MA Arrosidiyyah, juara 2 SMAN 1 Bukit Batu, juara 3 MA YPPI Bengkalis. Lomba berbalas pantun: juara 1 MA Darul Ulum, juara 2 MA YPPI Bengkalis, juara 3 MA Arrosidiyyah. Lomba memasak nasi goreng: juara 1 MA Arrosidiyyah, juara 2 MA YPPI, juara 3 MA Darul Ulum. Lomba nasyid acapella: juara 1 MA YPPI, juara 2 SMAN 1 Bukit Batu, juara 3 SMAN 3 Bantan. Lomba hiking rally: juara 1 MA Arrosidiyyah, juara 2 SMAN 3 Bantan, juara 3 SMAN 1 Bukit Batu. Lomba cerdas cermat: juara 1 SMAN 1 Bukit Batu, juara 2 MA Arrosidiyyah, juara 3 MA YPPI. Lomba miniatur cikal: juara 1 MA YPPI, juara 2 MA Arrosidiyyah, juara 3 SMAN 3 Bantan. Dan terakhir lomba paduan suara: juara 1 MA YPPI, juara 2 SMAN 3 Bantan, juara 3 MA Arrosidiyyah

Memasuki Hari Kedua Perkemahan Akbar, 4 Cabang Diperlombakan

www.kampusmelayu.ac.id (humas), Bengkalis – Memasuki hari ke-2 perkemahan akbar Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis, beberapa perlombaan telah dimulai, Jum’at (15/02/19).

Mengawali kegiatan, sangga kerja menetapkan PBB bertongkat (Pasukan Baris Berbaris) sebagai lomba pertama yang digelar. Lomba ini wajib diikuti oleh setiap pangkalan sekolah dengan mengutus 11 peserta gabungan putra dan putri. Adapun penilaian lomba dilihat dari segi kekompakan pasukan, keseragaman pakaian, ketepatan gerakan, dan ketepatan aba-aba.

“Ada beberapa kriteria penilaian yang kami tetapkan dalam lomba. Diantaranya kekompakan pasukan, keseragaman pakaian, ketepatan gerakan, dan ketepatan aba-aba. Terdapat 4 dewan hakim yang sudah berkompoten dalam bidang PBB yang siap menilai peserta lomba”. Ujar Fara sebagai ketua sangga kerja.

“Adapun jenis gerakan PBB yang ditetapkan sangga kerja hanyalah gerakan-gerakan dasar seperti posisi siap, jalan di tempat, istrahat di tempat, hormat, hadap kanan kiri, dan lain sebagainya”. Tambah ketua sangga kerja

Pembina Gugus Depan 01.023-01.024 gerakan pramuka STAIN Bengkalis, Rahmad, S.Pd.I menargetkan dihari kedua ini dapat berlangsung 4 perlombaan sekaligus.

“Pagi ini berlangsung lomba PBB bertongkat, ba’da sholat jum’at kegiatan akan dilanjutkan dengan lomba berbalas pantun dan memasak nasi goreng, lalu kegiatan dilanjutkan dengan outbond. Pada malam harinya akan berlangsung lomba nasyid akapela dan pentas seni dari masing-masing pangkalan. Kami berharap segala perlombaan dan kegiatan yang telah direncanakan ini dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan. ”. Ujar Rahmad.

Ditandai Pemukulan Gong, Perkemahan Akbar STAIN Bengkalis Resmi dibuka

www.staibengkalis.ac.id (humas), Bengkalis – Upacara Pembukaan Perkemahan Akbar (PA)  Pramuka ke-3 Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis tahun 2019 berlangsung di bumi Perkemahan Gugus Depan 01.023 – 01.024 STAIN Bengkalis. ditandai dengan pemukulan gong dan penyematan tanda peserta oleh MABIGUS STAIN Bengkalis Wira Sugiarto, S.IP, M.Pd.I, kegiatan tersebut Resmi dibuka. Kamis (14/02/2019)

Turut hadir dalam acara pembukaan para dosen, civitas akademika STAIN Bengkalis, dan para tamu undangan lainnya. Adapun peserta berjumlah 115 orang dari 12 sangga putra dan putri dari 6 pangkalan sekolah, yakni SMAN 1 Bukit Batu, MA YPPI Bengkalis, SMKN 1 Bengkalis, SMAN 3 Bantan, MA Ar-Rosyidiyyah Bengkalis, dan MA Darul Ulum Bantan.

Mengawali sambutannya, MABIGUS STAIN Bengkalis, Wira Sugiarto, S.IP, M.PdI mengucapkan selamat datang kepada para peserta perkemahan akbar ke-3 STAIN Bengkalis. Beliau juga menyampaikan harapannya semoga kegiatan ini dapat berlanjut setiap tahunnya dan dapat berjalan dengan lancar dan sukses.

“Kami ucapkan selamat datang kepada seluruh peserta dan juga kakak pembina yangg telah setia mendampingi adik-adiknya dalam mengikuti kegiatan ini. Harapan bersama semoga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar, dan panitia pelaksana mampu melaksanakan tugasnya dengan maksimal”. Ujar wira

Sementara itu, ketua sangga kerja, Nurul Fara Nazira yang merupakan mahasiswi semester IV jurusan Ekonomi Syariah melaporkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membina dan mengembangkan silaturahmi dikalangan pramuka penegak, serta mengenalkan kepada seluruh peserta penegak pramuka seputar kampus STAIN Bengkalis.

“Adapun kegiatan perkemahan akbar ke-3 ini bertujuan membina dan mengembangkan persaudaraan dan persatuan dikalangan pramuka penegak serta memberikan kepada mereka kegiatan kreatif, dan produktif yang bersifat edukatif. Serta memperkanalkan kepada seluruh peserta seputar kampus STAIN Bengkalis”. Ungkap Fazira.

Kegiatan yang bertemakan “Bersama Pramuka Indonesia Wujudkan STAIN Bengkalis Menuju IAIN Bengkalis” ini direncanakan akan berlangsung selama empat hari (14-17 Februari 2019) dan kegiatan akan di isi oleh beberapa lomba yang mengasah kecerdasan dan kreatifitas para peserta. Seperti PBB bertongkat, cerdas cermat, paduan suara, miniatur cikal, heking rally, nasyid akapela, berbalas pantun, dan juga lomba memasak nasi goreng khusus putra.

 

TIM SPMB STAIN BENGKALIS GELAR RAPAT

www.staibengkalis.ac.id (humas), Bengkalis – Berkaitan dengan rencana sosialisasi penerimaan mahasiswa baru Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis tahun 2019, tim sosialisasi gelar rapat kedua yang dilaksanakan di ruang dosen STAIN Bengkalis. Rapat dipimpin langsung oleh ketua STAIN Bengkalis, Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M. Ag, rabu (13/02/2019)

Adapun topik pembahasan utama dalam rapat mencakup 3 topik utama, yakni mengenai lokasi-lokasi yang direncanakan akan menjadi target sosialisasi, pendalaman materi oleh tim sosialisasi, dan juga strategi yang akan dilakukan dalam sosialisasi.

Target lokasi sosialisasi bertumpu pada 3 kabupaten khusus yakni kabupaten Bengkalis, Meranti, dan Siak. Hal ini mengingat pengalaman beberapa tahun lalu bahwa 3 kabupaten tersebut yang menjadi penyumbang mahasiswa terbanyak di STAIN Bengkalis. Sosialisasi ini akan dimulai besok (14/02/2019) oleh seluruh tim sosialisasi yang terdiri dari 27 tim ke 15 kecamatan di 3 kabupaten menuju 87 sekolah yang berbeda.

Diakhir rapat, ketua STAIN Bengkalis, Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag mengungkapkan harapannya semoga penerimaan mahasiswa STAIN Bengkalis tahun ini dapat mencapai target pagu maksimal yang telah ditetapkan oleh kementrian agama yakni 1430 mahasiswa dari 3 jalur yang berbeda, yakni SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan PMM.

“Harapan kita bersama, dengan segala strategi yang akan dilakukan dan pendalaman materi yang diberikan, semoga tahun ini penerimaan mahasiswa baru STAIN Bengkalis dapat mencapai target pagu maksimal yakni 1430 mahasiswa”. Tutup Prof. Samsul

 

JELANG H-1 PA KE III STAIN BENGKALIS, PERSIAPAN HAMPIR 100%

www.staibengkalis.ac.id (humas), Bengkalis (13/02/2019) – Unit Kegiatan Khusus (UKK) Pramuka Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis saat ini sedang mempersiapkan kegiatan Perkemahan Akbar ke-3 yang akan gelar besok. Jelang H-1 kegiatan, persiapan hampir mencapai 100%.

Kegiatan yang akan berlangsung selama empat hari ini (14-17 Februari 2019) dipusatkan di Bumi Perkemahan (Buper) STAIN Bengkalis dan akan diikuti oleh 6 pangkalan sekolah, diantaranya SMAN 1 Bukit Batu, MA YPPI Bengkalis, SMKN 1 Bengkalis, SMAN 3 Bantan, MA Ar-Rosyidiyyah Bengkalis, dan MA Darul Ulum Bantan. Adapun peserta dari perkemahan ini sebanyak 12 sangga putra dan putri yang diperkirakan mencapai 100an orang lebih.

Pembina pramuka STAIN Bengkalis, Rahmad, S.Pd.I mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan ajang silaturahmi dan juga sebagai wahana evaluasi bagi para pembina disetiap gugus depan masing-masing. Beliau juga menambahkan bahwa perkemahan ini diisi beberapa perlombaan yang akan mengasah kecerdasan dan kreatifitas para peserta.

“Perkemahan ini diisi oleh beberapa lomba, diantaranya PBB bertongkat, cerdas cermat, paduan suara, miniatur cikal, heking rally, nasyid akapela, berbalas pantun, dan juga lomba memasak nasi goreng khusus putra”. Ungkap pembina pramuka

Selain itu, ketua pelaksana kegiatan, Nurul Fara Nazira yang merupakan mahasiswi semester IV jurusan Ekonomi Syariah juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu mempererat silaturahmi antar pangkalan dan mewujudkan generasi yang berprestasi`

Harapan besar yang diungkapkan oleh pembina pramuka STAIN Bengkalis semoga kegiatan ini bisa berlanjut, dan ia juga memohon dukungan serta doa dari semua pihak baik itu STAIN maupun seluruh pangkalan atau gugus depan agar kegiatan ini dapat berjalan lancar dan sukses.

“Kami berharap kegiatan ini bisa berlanjut, kami juga memohon doa dan dukungan dari semua pihak untuk kelancaran acara ini. Semangat untuk seluruh sangga kerja dan adik-adik yang akan mengikuti Perkemahan Akbar ke-3 STAIN Bengkalis”. Tutup Rahmad.