Home / BERITA | KAMPUS / Peringati Hari Lahir Pancasila, STAIN Bengkalis Gelar Upacara

Peringati Hari Lahir Pancasila, STAIN Bengkalis Gelar Upacara

www.staibengkalis.ac.id – Peringati hari lahir pancasila 01 Juni 1945, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis gelar upacara di halaman gedung Pembelajaran dan Pelayanan Mahasiswa STAIN Bengkalis, Sabtu (01/06/2019).

Meski dalam suasana puasa, antusias peserta yang mengikuti upacara tergolong tinggi. Mewakili ketua STAIN Bengkalis Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag, Kabag AUAK, H. Nasrun Harahap, S.Pd, MA bertindak sebagai pembina upacara. Turut hadir dalam upacara tersebut unsur Pimpinan STAIN Bengkalis, Ketua dan Sekretaris Jurusan, Ketua dan Sekretaris Prodi, Kepala Unit, Seluruh dosen dan karyawan, dan segenap mahasiswa yang tergabung dalam ormawa STAIN Bengkalis.

Mengutip sambutan dari Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia (BPIP) Hariyono, Nasrun Harahap mengatakan bahwa pancasila merupakan anugrah dari Tuhan Yang Maha Esa sebagai pemersatu bangsa.

“Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugrah yang tiada tara dari Tuhan yang Maha Esa buat bangsa Indonesia. Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun negara masih dapat bertahan hingga kini berkat pancasila.” Ungkapnya.

Selain itu, sesuai dengan pesan Presiden Jokowi bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran pancasila setiap tanggal 01 Juni merupakan suatu keniscayaan.

“Pertama kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai dasar negara sehingga bangsa nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa. Kedua, dengan merayakan hari kelahiran pancasila kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai leitstars dinamis, bintang penuntun mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan.” Ungkapnya.

Diakhir sambutan, Nasrun Harahap menyampaikan melalui peringatan hari kelahiran pancasila 01 Juni 2019 ini pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi politik harapan.

“Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan dunia yang membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila.”

About STAIN Bengkalis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *