Home / BERITA | KAMPUS / Mahasiswa PBA STAIN Bengkalis Wakili RIAU di MTQ Nasional

Mahasiswa PBA STAIN Bengkalis Wakili RIAU di MTQ Nasional

Bengkalis – Ucapan “Alhamdulillah” dituturkan Edi Suyanto, Lc., M.Pd sebagai Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) STAIN Bengkalis. Karena dua orang mahasiswa PBA mengikuti Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional ke-27 mewakili Provinsi Riau, cabang Fahmil Qur’an. Mahasiswa tersebut bernama Syawal Rizki Akbar dan Khusnul Mubarok. Syawal sekarang berstatus sebagai mahasiswa PBA yang sedang menjalani kuliah di semester satu, sementara Khusnul di semester tiga.
Keduanya tampil di acara tersebut pada hari minggu 7/10/2018.

Khusnul, putra Bengkalis kelahiran tahun 1999 termasuk mahasiswa yang cerdas, dia masuk kuliah di PBA STAIN Bengkalis melalui jalur SPAN-PTKIN (Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri) pada tahun 2017. Syawal juga masuk ke PBA melalui jalur SPAN-PTKIN tahun 2018.

Musabaqoh Tilawatil Qur’an tersebut dimulai tanggal 7 Oktober hingga 12 Oktober 2018 mendatang. Pelaksanaan kegiatan MTQ dihadiri dan dibuka langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo. Sementara penutupan dihadiri oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, H. Jusuf Kalla.

Pelaksanaan MTQ Nasional ke-27 tahun 2018 ini dilaksanakan di Medan, Sumatera Utara. Terpencar di 11 titik mulai dari arena utama di jalan Pancing Medan sampai ke Gedung serbaguna Medan.

Slamet Mulyani sebagai Sekretaris Prodi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Bengkalis sangat bangga (bersyukur) karena mahasiswanya bisa ikut MTQ tingkat nasional. Beliau berharap prestasi ini bisa dipertahankan bahkan lebih berprestasi kedepannya. Juga, kehadiran Syawal dan Khusnul diharapkan bisa memunculkan motivasi yang positif bagi mahasiswa lainnya di Prodi Pendidikan Bahasa Arab STAIN Bengkalis.

Prof. Dr. H. Samsul Nizar, M.Ag sebagai Ketua STAIN Bengkalis, disamping turut bergembira dan bersyukur atas prestasi mahasiswa PBA tersebut, juga berkomentar bahwa mengikuti MTQ merupakan salah satu pengaplikasian keilmuan yang tepat sekaligus spesifik bagi mahasiswa Prodi Bahasa Arab, karena Al-Qur’an itu sendiri dituturkan dalam bahasa Arab.

About Humas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *